Microsoft Visio 2003 - Amazing Indonesia

Latest

Saturday 3 March 2012

Microsoft Visio 2003

Pada bagian ini akan dibahas mengenai Microsoft Visio 2003 dan IDE (Integrated Development En vironment) atau lingkungan kerja Microsoft Visio 2003. Pembahasan juga meliputi beberapa tool-tool pendukung yang terdapat pada Mi crosoft Visio 2003 yang biasa digunakan pada pembuatan diagram.



Microsoft Visio 2003
Microsoft Visio adalah salah satu program yang dapat digunakan untuk membuat diagram. Visio menyediakan banyak fasilitas yang membantu Anda dalam pembuatan diagram untuk menggam-barkan informasi dan sistem dari penjelasan dalam bentuk teks menjadi suatu diagram dalam bentuk gambar disertai penjelasan singkat. 

Untuk mempelajari Mi crosoft Visio dan menggambar diagram, Anda tidak membut uhkan teknik yang sangat tinggi karena Visio sangat mudah untuk digunakan dan diimplementasi-kan. Visio dapat menghasilkan  suatu diagram mulai dari yang sederhana hingga diagram yang  lebih kompleks, Anda hanya perlu melakukan penambahan shape dengan menarik shape ke halaman pengerjaan.

Microsoft Visio 2003 merupakan pengembangan versi sebelumnya dari segi template, wizard, dan filter. Template dan Shape yang terdapat pada Microsoft Visio 2003 digunakan membantu user dalam merancang, membuat, serta menggambarkan informasi dan sistem dalam bentuk diagram.

Oleh karena Visio merupakan salah satu produk dari Microsoft Office, maka Visio dapat berkolaborasi dengan produk Microsoft Office lainnya seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan Project. Bentuk kolaborasi dapat  dilakukan dengan fasilitas export dan import data. Dibandingkan de ngan versi sebelumnya, Visio memiliki shape dan template baru, di antaranya pada bagian diagram Brainstorming,  Business Process,  Building Plan,  Project Schedule,  Network ,  Software, dan  Web Diagram.

Menu Microsoft Visio 
Pada Microsoft Visio 2003 terdapat sembilan buah menu. Menu-menu tersebut antara lain File ,  Edit ,  View,  Insert ,  Format,  Tools, Shape ,  Window, dan  Help. Untuk setiap menu terdapat submenu sesuai dengan fungsi atau kegunaan masing-masing. Fungsi menu tersebut antara lain:
1.   File : menu untuk mengatur yang berhubungan dengan file seperti untuk membuat file baru, membuka file, menutup file, mengatur file, dan lain-lain.
2.   Edit : menu untuk proses pengeditan seperti copy, paste, de-lete, dan lain-lain.
3.   View: menu untuk mengatur tampilan lingkungan kerja Visio dan halaman pengerjaan.
4.   Insert : menu untuk menyisipkan objek, gambar, simbol, ko-mentar, dan lain-lain.
5.   Format: menu untuk mengatur halaman pengerjaan.
6.   Tools: menu ini berhubungan dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Visio. Beberapa fasilitas yang dise-diakan yang terdapat pada menu  Tools antara lain Macro, Ruler & Grid.
7.   Shape : menu untuk mengatur objek shape pada halaman pengerjaan.
8.   Window: untuk mengatur tampilan window.
9.   Help: untuk bantuan Microsoft Visio

Template
Microsoft Visio 2003 menyediakan beberapa template untuk mem-bantu dalam pembuatan diagram, template-template yang tersedia disesuaikan dengan tipe drawing yang dipilih. Untuk meng-gunakan template, Anda tinggal memilih tipe drawing yang ingin dibuat kemudian akan muncul pilihan template yang disediakan oleh Visio, setelah itu klik salah satu template yang dipilih lalu akan muncul halaman pengerjaan  yang siap untuk dikerjakan. Template-template yang telah dise diakan oleh Visio dapat lang-sung digunakan untuk pengolahan lebih lanujut sehingga Anda tidak perlu membuatnya lagi dari awal, Anda tinggal menam-bahkan shape-shape yang dikehendaki, menghubungkan antar- shape dan menambahkan teks-teks yang terkait. Untuk meng-gunakan drawing tersebut Anda hanya tinggal memilih menu  File   | New  |  Choose Drawing Type , maka akan muncul window baru seperti pada Gambar 1.9. Pa da window bagian kiri yang bertuliskan ‘Category’ berisi daftar macam-macam tipe drawing yang telah dikelompokkan berdasarkan fungsi dan keperluannya. Masing-masing tipe drawing ini mempunyai anggota (layout drawing yang lebih spesifik) ya ng dapat dipilih pada window sebelah kanan yang bertuliskan ‘Template’.


Download Artikel Lengkapnya ;

No comments:

Post a Comment