Prinsip Dasar Pembuatan Undangan - Amazing Indonesia

Latest

Saturday 14 April 2012

Prinsip Dasar Pembuatan Undangan


1.1 Perkembangan Desain Undangan 
Undangan adalah sarana mengundang orang lain untuk menghadiri acara tertentu. Dalam perkembangan aman seperti saat ini, undang-an tidak lagi hanya mengacu pada  tujuan, yakni untuk mengundang orang lain, melainkan juga terdapat unsur estetika, terutama untuk acara-acara seremonial. Seperti undangan ernikahan, ulang tahun,  atau ulang tahun perkawinan. Jika dilihat dari bentuk nya, kini undangan seremonial bersifat resmi, namun juga memiliki keunikan. Hal itu tidak lepas dari tangan-tangan terampil para desainer unda ngan, serta didukung oleh cang-gihnya software desain grafis pada saat ini. Pada umumnya para desainer unda ngan mempercayakan proses pen-desainan undangan pada software grafis vektor yang populer saat ini, yakni program Corel. Mereka memilih program Corel karena kemam-puan program ini dalam mengedit garis serta grafik lebih unggul dibanding dengan program sejenis.  Kini Corel Corporation telah meluncurkan produk Corel versi terbaru pada tahun 2005 dengan nama CorelDRAW X3 atau disebut sebagai Corel versi 13. Dengan kemampuan CorelDRAW X3 seperti untuk cropping, filleting, ataupun boundary akan membantu dalam proses desain undangan. Selain itu juga adanya fasilitas Shape yang juga membantu banyak ketika seorang desainer harus membuat pola-pola abstrak.


1.2  Fasilitas Program CorelDRAW X3    
Penting untuk Proses Desain Undangan Adapun fasilitas yang sangat vita l untuk proses desain undangan adalah pada bagian Toolbox. Anda akan langsung menggunakan tool jika Anda hendak membuat tampilan objek. Misalnya saja ketika harus membuat bidang kartu undangan yang berbentuk objek persegi panjang, tentu akan lebih praktis jika mengaktifkan  Rectangle Tool. Anda juga dapat membuat objek dengan bentuk tidak beraturan seperti pola untuk background  undangan, maka aktifkan  Freehand Tool . Selain bagian Toolbox, fasilitas menu juga memiliki fungsi yang cukup vital dalam proses desain  undangan. Anda bisa membuka dokumen Anda dengan mengklik menu  File. Kemudian Anda juga dapat menampilkan ruler dan guidelines dengan mengklik menu View. Anda juga dapat mengaplikasikan efek pada menu  Effect. Toolbar juga memiliki fungsi  yang penting dalam mendesain undangan. Sebuat saja toolbar Standard, toolbar ini dapat digunakan untuk mengeksekusi penyimpanan, penggandaan, pemotongan, atau undo tanpa harus mengklik menu  File. Hadirnya  Property Bar meru-pakan sarana yang  sangat vital, terutama ketika Anda pertama kali membuka untuk mempersiapkan lembar kerja.


1.3  Cermati Lembar Kerja CorelDRAW X3 
Agar Anda mengenal fasilitas program CorelDRAW X3, berikut saya akan menjelaskan bagian dari program ini. Bukalah program Corel- DRAW X3 dengan mengklik  Start > Programs > CorelDRAW X3 pada tampilan desktop.



Jika program CorelDRAW X3 aktif, akan tampil kotak dialog
Welcome Screen. Pilih New yang berarti membuka lembar kerja baru.


Download Lengkap Tutorial nya :
Pembuatan Undangan.pdf



No comments:

Post a Comment