Membuat Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP - Amazing Indonesia

Latest

Thursday 3 November 2011

Membuat Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP


Akhir-akhir ini aplikasi jajak pendapat cukup marak terdapat di situs-situs internet. Masalah yang diangkat pun bisa beragam, misalnya politik, sosial, budaya, sains, dan lain-lain. Situs-situs yang bernuansa khusus juga seringkali memiliki jajak pendapat sesuai dengan nuansa yang dimilikinya. Misalnya situs sepakbola akan mengangkat jajak pendapat siapa pemain terbaik di suatu liga, situs tentang Linux akan mengangkat jajak pendapat tentang distro apa yang paling favorit, situs handphone akan mengangkat jajak pendapat tentang ringtone favorit, dan masih banyak lagi.
            Nah, sekalipun tema yang diangkat bisa bermacam-macam, namun pada dasarnya aplikasi jajak pendapat cukup mudah untuk dibuat. Umumnya aplikasi jajak pendapat hanya terdiri dari 2 halaman saja, yaitu form HTML yang berisi item-item pilihan dan hasil dari jajak pendapat tersebut. Hasil jajak pendapat dapat ditampilkan dengan bantuan HTML biasa atau dengan suatu aplikasi yang dapat menghasilkan gambar-gambar yang menarik sehingga hasil jajak pendapat dapat ditampilkan dalam bentuk pie chart misalnya. Untungnya, PHP juga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar.
            Aplikasi jajak pendapat yang akan dibahas pada bagian ini nantinya akan memberikan output berupa Pie Chart.
            Untuk menyimpan hasil jajak pendapat diperlukan database, sehingga aplikasi ini juga akan menggunakan MySQL.
            Aplikasi jajak pendapat yang kita buat kali ini akan mengangkat tema Pemain Terbaik Liga Italia musim kompetisi 2005/2006. Mengapa bukan tema yang berbau komputer? Distro Linux favorit misalnya? Yah, semata-mata hanya untuk “having fun” saja agar otak kita nggak berisi komputer melulu.

contoh gambar :




No comments:

Post a Comment