INTERNET WORKING - Amazing Indonesia

Latest

Sunday 22 April 2012

INTERNET WORKING


11.1. Pengertian 
Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer  local  dan  regional,  memungkinkan  komunikasi  data  antar komputerkomputer  yang  terhubung  ke  jaringan  tersebut.  Internet  awalnya merupakan  suatu  rencana  dari  Departemen  Pertahanan  Amerika  Serikat  (US Departement of Defense) pada sekitar tahun 60’an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network. Beberapa universitas di Amerika Serikat diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi Universitas yang berbeda tersebut. Perkembangan ARPANET ini cukup pesat jika dilihat perkembangan komputer pada saat itu. Sebagai gambarannya pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 111 mainframe komputer dan saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini. Jumlah sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak  dapat  diketahui  dengan  pasti,  karena  perkembangan  jumlah  komputer  yang terhubung  dengan  suatu  jaringan  semakin  lama  semakin  besar.  Karena perkembangannya  sangant  pesat,  jaringan  komputer  ini  tidak  dapat  lagi  disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep Internetworking  (jaringan  antar  jaringan).  Oleh  karena  itu  istilah  Internet  menjadi semakin  popular,  dan  orang  menyebut  jaringan  besar  komputer  tersebut  dengan istilah Internet. 

Protokol 
Agar  komputer-komputer  dalam  suatu  jaringan  dapat  berkomunikasi,  maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar komputer maupun antara jaringan komputer. Saat ini erdapat banyak jenis protocol jaringan komputer, seperti IPX/SPX yang biasa digunakan oleh NOVELL Netware, NETBIOS / NETBEUI biasa digunakan oleh jaringan Microsoft LAN Manager ataupun Microsoft Window Networking, AppleTalk yang bias digunakan oleh jaringan komputer Apple Macintosh,  dsb.  Ada  satu  protocol  yang  dikembangkan  oleh  DARPA  (Defense Advanced Research Projects Agency), dalam pengembangan dari ARPANET dan juga digunakan oleh jaringan komputer berbasis sistem operasi UNIX yaitu protocol TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protocol TCP/IP ini menjadi standar  protocol  yang  digunakan  pada  jaringan  Internet,  karena  TCP/IP dikembangkan  untuk  dapat  diterapkan  di  hampir  segala  jenis  platform  komputer, biasa dikenal dengan konsep open system. 

Standar TCP/IP 
Internet  dapat  terbentuk  karena  sekumpulan  besar  jaringan  komputer  memiliki kesepakatan untuk berbicara dalam bahasa yang sama. Kesepakatan ini semata-mata merupakan kesepakatan yang bersifat teknis, karena tidak ada suatu badanpun di dunia ini yang berhak mengatur jalannya internet secara keseluruhan. Yang dapat diatur dalam internet adalah penggunaan protokolnya. Badan – badan Pengatur Internet Ada 4 (empat) badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta melakukan standarisasi protokol yang digunakan : Diktat K

·   Internet  Society  (ISOC),  merupakan  badan  profesional  yang  memfasilitasi, mendukung, serta mempromosikan pertumbuhan internet, sebagai infrastruktur komunikasi  global  untuk  riset.  Badan  ini  berurusan  tidak  hanya  dengan aspekaspek teknis, namun juga aspek politik dan sosial dari jaringan internet. 

·   Internet Architecture Board (IAB), merupakan badan koordinasi dan penasehat teknis  bagi  Internet  Society.  Badan  ini  bertindak  sebagai  review  teknis  dan editorial akhir semua standar Internet. IAB memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen standar Internet yang dikenal sebagai RFC (Request For Comment). Tugas lain dari IAB ialah mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokol Internet ( nomor port TCP, kode protokol IP, dan lain-lain). 

·   Internet  Engineering  Task  Force  (IETF),  ialah  badan  yang  berorientasi  untuk membentuk standar Internet. IETF ini dibagi dalam 9 kelompok kerja ( misalnya aplikasi,  reouting  dan  addressing,  keamanan  komputer)  dan  bertugas menghasilkan  standar-standar  Internet.   Internet  Research  Task  Force  (IRTF), 
ialah badan yang memiliki orientasi pada riset-riset jangka panjang. 

No comments:

Post a Comment