Tanaman Obat Temu Putih - Amazing Indonesia

Latest

Wednesday 15 February 2012

Tanaman Obat Temu Putih



TANAMAN OBAT TEMU PUTIH
Nama Latin temu putih:  Curcuma zedoaria (Berg) Roscoe, termasuk ke dalam keluarga Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama temu putih.

SIFAT  : Tumbuhan temu putih mengandung bahan kimia, antara lain :
Rimpang : cineole, camphane, zingiberene, borneol, camphor, curcumin dan resin serta curcuminoid dan curdione yang berkhasiat anti kanker.

UJI KLINIK
1.  Uji pra klinik efek sitotoksisitas pada ekstrak temu putih ini terhadap sel kanker ovarian menghasilkan CD50 sebesar 3,1 – 3,4 mikrogram/ml, Syu WJ et al (1998). hasil pengamatan imun pada pengujian menunjukan adanya peningkatan fibroblas di sekitar jaringan tumor, meningkatnya infiltrasi limfosit di dalam masa tumor dan meningkatkan proses fagositosis terhadap sel tumor.
2.  Uji klinik pemakaian ekstrak pada temu putih pada khasus 165 penderita kanker serviks ditemukan hasil 52 kasus achieved of short term cure, 25 kasus market effects, 41 kasus improvement dan 47 kasus unresponsiveness Chang et al (1986).
3.  Uji pra klinis pada tanaman Temu putih sebagai anti inflamasi dan hepatoprotektor. Pemberian peroral pada tikus menghambat reaksi inflamasi yang di akibatkan karena kemampuannya menghambat aktivitas enzim siklooksigenase Yoshioka T et al (1998), Ekstrak  temu putih menurunkan SGPT terhadap mencit yang di induksi dengan karbon tetraklorida Xiang ZX et al, (1989). Penelitian kultur hepatosit tikus yang di induksikan pada D-galaktosamin/lipopoli sakarida memberikan petunjuk bahwa penambahan ekstrak temu putih dalam kultur bisa mencegah terjadinya kerusakan sel hepatosit, Matsuda et al, (1998) (P.6)

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN
tanaman temu putih ini bisa menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
    1.    Kanker mulut rahim (kanker serviks) dan vulva. Serbuk temu putih minum sehari 2 kali 1
    2.    Kista Rahim. Rimpang temu Putih satu jempol dilalap 2 kali sehari. (Saran 3x2 kapsul per hari, minum banyak air)
    3.    Nyeri sewakyu haid dan tidak dapat haid. Minum ½ sendok the serbuk temu putih. (Saran 3x2 kapsul per hari, minum banyak air)
    4.    Tumor Rahim. Setengah kilogram temu putih dikupas dan diparut, rebus bersama 3 jengkal akar alang –alang dengan 4 gelas air hingga tinggal 2 gelas. Minum sehari setengah gelas sebelum tidur. Saran penggunaan kapsul sehari 3 kali 2 kapsul, minum banyak air .
    5.    Pelega perut. Rimpang 100 gram dicuci, diparut , peras ,saring. Hasilnya diminum sekaligus
    6.    Habis melahirkan. Rimpang secukupnya, parut , peras , minum.

No comments:

Post a Comment