Tanaman Obat Tapak Dara - Amazing Indonesia

Latest

Saturday 18 February 2012

Tanaman Obat Tapak Dara


TANAMA OBAT TAPAK DARA
Nama Latin : Catharanthus roseus (L.), atau Ammocallis rosea Small, atau Lochnera rosea Reich, atau Vinca rosea
tanaman tapak dara termasuk kedalam keluarga tumbuhan Apocynaceae, Tanaman tapak dara biasa dikenal dengan nama Rutu-rutu, Kembang sari cina, Kembang serdadu, cakar ayam atau usia.

SIFAT : Tanaman tapak dara memiliki banyak kandungan kimia, seperti : Alkaloid; memiliki lebih dari 70 macam alkaloid yang terdapat pada akar, batang, daun dan biji, di antaranya 28 bi-indole alkaloid. Alkaloid anti kanker seperti: vinblastine (VLB), vincristine (VCR), leurosine(VLR), vincadioline, leurosidine, catharanthine, lochnerine. Alkaloid yang berefek hypoglycemic (menurunkan kadar gula darah) antara lain leurosine, catharanthine, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline dan vindolinine.

EFEK : efek tanaman ini yaitu Antineoplastik (anti kanker), sitostatika, hipotensif (penenang), menyejukan darah, menghentikan perdarahan. Dalam farmakologi Cina memiliki rasa sedikit pahit, sejuk dan toxic.

PENYAKIT YANG BISA DI SEMBUHKAN
Berdasarkan catatan2 pengetahuan secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman tapak dara ini bisa menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Kanker, Limpa ( Peny. Hodgkin), leukemia, limfosarkoma, chorionicepithelioma.
a. Vinblastine 0,1-0,2 mg/kg BB, dilarutkan dalam garam fisiologis (normal saline) dengan perbandingan 10 ml untuk 10 mg, iv , sekali setiap 7 - 10 hari.
b. Vincristine (Leurocristine) 0,02-0,04 mg/kgBB dilarutkan dengan 20 ml glukosa 5 % atau normal saline, iv, sekali setiap minggu. Tanaman 15 gr direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 1 – 2 gelas dengan api kecil. Setelah dingin disaring, diminum beberapa kali hingga habis dalam sehari. (Saran 3x2 kapsul per hari)

2. Acutelymphocytic leukemia. Tanaman tapak dara 15 g.direbus, minum. (Kapsul 3x2 kapsul per hari)

3. Hipertensi. Tanaman 6 - 15 gram direbus, minum. (Saran 3x1 kapsul per hari, banyak minum)

4. Kencing manis. Tanaman 6 - 15 gram direbus, minum. (Saran 3x1 kapsul per hari, banyak minum)

5. Pendarahan akibat penurunan jumlah trombocyt (primary thrombocytopenic purpura). Tanaman 6 - 15 gram direbus, minum. (Saran 3x1 kapsul per hari, banyak minum)

CATATAN

1. Komponen aktif yang ada pada tanaman ini ialah vinblastinedan leurocristine (vincristine) yang berkhasiat anti kanker pada leukemia1534 , leukemia 1210, AKR leukemia, Ehrlich ascitic liver carcinoma dan Walker carcinoma256. Komponen ini meng­hentikan mitosis (pembelahan) sel kanker pada metaphase.

2. Setelah pemakaian vinblastine (murni), biasanya akan terjadi penurunan sel darah putih (leucopenia) dengan tingkatan yang bervariasi dan akan kembali seperti semula dalam jangka waktu 1 - 2 minggu setelah pemakaian di hentikan. Efek terhadap sel darah merah dan platelet sangat kecil. Beberapa pasien dapat menimbulkan gangguan nafsu makan dan reaksi pencernakan lainnya seperti mual, muntah, sembelit, dan beberapa gangguan neurolo­gis; susah tidur, sakit kepala, depressi, dan kehilangan reflek dalam.

3. Keracunan vincristine (murni) bermanifestasi pada sitem syaraf dengan gejala sensasi abnormal, rasa pada tungkai, rasa sakit, kehilangan refleks dalam, rasa lemah, gangguan pergerakan, serak, kelumpuhan kelopak mata (ptosis), penglihatan kembar (diplopia) dll, 20 % penderita botak (alopecia). Menghambat sistem pembuatan sel darah, hemoglobin, platelets, dansel darah putih menurun 1 - 2 mg setelah pemakai

No comments:

Post a Comment