Abstrak—Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat juga telah merambah bidang
pendidikan dan pengajaran. Penggunaan pembelajaran berbasis komputer dalam pembelajaran telah diteliti dan memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Salah satu pembelaajran berbasis komputer yang saat ini masih terus dikembangkan adalah Intelligent Tutoring System (ITS) yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran berbasis komputer sebelumnya yang belum memperhatikan keberagaman siswa. ITS merupakan sebuah aplikasi komputer yang dibuat untuk meniru mimik manusia dalam memberikan materi pengajaran. ITS menggunakan pendekatan one-to-one. ITS merupakan sistem yang cerdas karena memiliki komponen kecerdasan buatan.
Kata Kunci— ITS, Pembelajaran Berbantuan Komputer
pendidikan dan pengajaran. Penggunaan pembelajaran berbasis komputer dalam pembelajaran telah diteliti dan memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Salah satu pembelaajran berbasis komputer yang saat ini masih terus dikembangkan adalah Intelligent Tutoring System (ITS) yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran berbasis komputer sebelumnya yang belum memperhatikan keberagaman siswa. ITS merupakan sebuah aplikasi komputer yang dibuat untuk meniru mimik manusia dalam memberikan materi pengajaran. ITS menggunakan pendekatan one-to-one. ITS merupakan sistem yang cerdas karena memiliki komponen kecerdasan buatan.
Kata Kunci— ITS, Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information
and Communication Technology (ICT) telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran (Hartanto, 2002; Lerouge, 2004; Ali, 2004). Berbagai pembelajaran yang berbasiskan teknologi informasi sekarang ini sudah banyak pula dimanfaatkan, misalnya pembelajaran berbantuan komputer, (computer based learning), pembelajaran jarak jauh (distance learning), pembelajaran elektronik (e-learning) dan lain-lain. Di sisi lain dengan adanya ICT proses belajar dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu
(Surjono, 1999).
Penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam rangka menghadapi persaingan global, hal ini disebabkan bahwa pada saat ini adalah era informasi. Penguasaan terhadap ICT ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk.
and Communication Technology (ICT) telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran (Hartanto, 2002; Lerouge, 2004; Ali, 2004). Berbagai pembelajaran yang berbasiskan teknologi informasi sekarang ini sudah banyak pula dimanfaatkan, misalnya pembelajaran berbantuan komputer, (computer based learning), pembelajaran jarak jauh (distance learning), pembelajaran elektronik (e-learning) dan lain-lain. Di sisi lain dengan adanya ICT proses belajar dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu
(Surjono, 1999).
Penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam rangka menghadapi persaingan global, hal ini disebabkan bahwa pada saat ini adalah era informasi. Penguasaan terhadap ICT ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk.
Untuk Lebih Lengkapnya Download Jurnal-nya disini
No comments:
Post a Comment