Proposal RPL - Amazing Indonesia

Latest

Monday 13 December 2010

Proposal RPL

PROPOSAL
WEB SISTEM INFORMASI SEKOLAH
Studi kasus di SMKN 1 GEGERBITUNG,KAB SUKABUMI




TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
BANDUNG
2011

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji serta syukur Penulis panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan hidayahnya kepada kita semua khususnya bagi penulis, sehingga penulis bisa membuat Software berbasis website yang berjudul WEB SISTEM INFORMASI SEKOLAH studi kasus SMKN 1 GEGERBITUNG
Proposal diajukan sebagai salah satu tugas mandiri mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dan pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih, terutama kepada Bapak Wisnu Uriawan ST selaku Dosen Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1 yang telah memberikan dukungan materi dan sumbang sarannya dalam pembuatan tugas ini. Semoga amal dan kebaikannya mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amien.
Penulis mengakui masih banyak kekurangan dari pembuatan proposal ini maka penulis memohon maaf dan meminta kritik dan saran yang membangun dalam pemyempurnaan proposal selanjutnya.
Akhir kata semoga proposal ini dapat bermanfaat terutama menambah pengetahuan dan wawasan khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sukabumi, 20 februari 2011



DAFTAR ISI
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
1 1. Latar Belakang Masalah 1
1.2. Identifikasi masalah 1
1.3. Rumusan masalah 2
1.4. Batasan Masalah 2
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA 3
2.1 HTML 3
2.2 CSS 3
2.3 Javascipt 3
2.4 PHP 3
2.5 MySQL 3
2.6 Tools desainer 3
2.7 Web Server 3
2.8 Web Browser 4
BAB 3 METODE PEMBUATAN 5
3.1. Metode analisis 5
3.2 . Metode Prototype 5
3.3 . wawancara 6
BAB 4 PENUTUP ` 7
Daftar Pustaka 7
Lampiran 8
a. Skema kegiatan 8
b. Lembar pengesahan 9

BAB I
Pendahuluan

1. Latar Belakang Masalah
Dewasa kini teknologi informasi sangatlah penting di lihat dari perkembangan zaman yang sangat pesat mulai dari kertas untuk menuliskan dan mengirimkan informasi sampai dengan internet yang bisa memberikan informasi yang kita butuhkan.
Di zaman informasi seperti sekarang ini, internet menjadi salah satu contoh teknologi yang hadir karena adanya kebutuhan manusia untuk bergerak cepat, efisien, dan dinamis, dengan cepat internet mengambil posisi penting, bahkan di Negara-negara besar sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan mereka baikitu kalangan pengusaha, instansi-instansi, pelajar, bahkan ibu rumah tangga. Internet menawarkan banyak keuntungan dan tidak sedikit kerugian. Adapun keuntungannya adalah lebih cepat dalam mendaptkan informasi, berkomunikasi, bahkan untuk berbelanja.
Oleh karena itu, penulis sangat tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut sebagai tema dalam tugas mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan judul “WEB SISTEM INFORMASI SEKOLAH”

2. Identifikasi masalah
Mengingat pentingnya teknologi informasi di massa sekarang ini khususnya dikalangan remaja pelajar maka di kalangan sekolahpun sudah menjadi hal yang lumrah untuk menyebar luaskan informasinya melalui dunia maya (internet) agar terciptanya suatu pembelajaran bagi para siswanya
Selain itu bukan hanya bagi siswa saja tetapi juga bagi para guru dan pihak-pihak lain yang terkait di dalamnya,termasuk para orang tua siswa yang bisa menilai system teknologi dalam pembelajaran di sekolah anaknya, dan itu akan menarik para orang tua yang tau akan teknologi untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.
Maka dari itu penerapan teknologi memeang tepat untuk di terapkan di sekolah terutama bagi guru-guru dan staff terkait lainnya agar bisa mengajarkan kepada para siswa/siswinya akan pentingnya teknologi informasi
Mengingat pentingnya hal tersebut maka sangatlah cocok penerapan dunia informasi berbasis teknologi ini di terapkan di sekolah

3. Rumusan Masalah
Sebuah riset mengatakan bahwa haya sebagian kecil pengguna internet di Indonesia hanya kaum bisnis dan mahasiswa tertentu saja yang bergelut di bidang IT yang familiar menggunakan internet, masih sedikit para remaja khususnya pelajar yang menggunakan internet untuk proses belajar padahal mereka bisa belajar apa saja di intrnet
Mereka mungkin hanya asik bermain game online dan facebook, tidak mengetahui pelajaran apa saja yang bisa mereka dapatkan dari searchingnya di internet.
Maklum, perkembangan internet di Indonesia masih sulit karena biaya operasional yang sangat mahal, padahal di Negara lain ada yang tidak di pungut biaya sepeserpun bagi orang yang mengakses internet
Alasan mengapa mengapa system informasi itu sangatlah penting bagi dunia pendidikan karena untuk menjadikan remaja Indonesia cerdas dan tidak ketinggalan dalam teknologi, sebab dunia teknologi semakin pesat berkembang, semua itu tak luput dari pembelajaran dari para gurunya juga, mereka harus menerapkan system teknologi informasi agar bisa mengajarkan kepada mereka dan demi terciptnya tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa

4. Batasan Masalah
Pokok – pokok yang menjadi permasalahan dan batasan pembahasan antara lain meliputi :
1. Pembahasan hanya mengenai seputar informasi sekolah
2. Pembahasan seputar kegiatan sekolah
3. Struktur keorganisaian di sekolah
4. Ekstra kulikuler dan kegiatan siswa

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka ini adalah suatu rencana perancangan yang akan di gunakan dalam pembuatan software, yaitu meliputi :
a) HTML
Hypertext Markup Language merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan dokument web (teks pada computer yang memungkinkan user saling mengirimkan informasi (reques-respon))
b) CSS
Cascanding style sheets adalah suatu fasilitas untukmempermudah pemeliharaan sebuah web, dengan menggunakan CSS sebuah web dapat diubah tampilannya tanpa harus mengubah dokumen HTML_nya
c) Java script
Java script adalah script (bahasa pemograman yang dapat memegang kontrol aplikasi) yang berbasis pada bahasa pemograman java yang digunakan secara prosedural
d) PHP
PHP merupakan singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML
e) MYSQL
Untuk keperluan menampung data di server, kita memerlukan sebuah tempat penyimpanan (database) MYSQL merupakan sebuah program aplikasi untuk membuat database yang umum digunakan pada web server
f) Tools desainer
Tools desainer adalah suatu aplikasi yang di rancang khusus untuk membuat tampilan web, disini tools yang digunakan adalah Adobe Dreamweaver CS4 dan Adobe Photoshop CS
g) Texs editor
Disini digunakan Notepad sebagai media penyimpanan dan editing script
h) Web Server
Web server digunakan sebagai hostingan sementara atau localhost yang fungsinya untuk pembuatan data base, disini digunakan Wampserver,xampp

i) Web Browser
Web browser yaitu untuk melihat hasil dari pembuatan website
Disini digunakan Mizilla Firefox



BAB III
METODE PEMBUATAN

A . metode Analisis
Tujuan dari analisis adalah :
a. Menjabarkan kebutuhan pemakai
b. Meletakan dasar-dasar untuk proses perencanaan perangkat lunak
c. Mendefinisikan semua kebutuhan pemakai sesuai kebutuhan
B . Metode Prototype
 Bentuk prototype di atas kertas atau model berbasis komputer (PC) yang menggambarkan interaksi manusia yang mungkin terjadi.
 Working prototype yang mengimplementasikan sebagian dari fungsi yang ditawarkan perangkat lunak.
 Program jadi yang melakukan sebagian atau seluruh fungsi yang akan dilakukan, tapi masih ada fitur yang masih dikembangkan


Keterangan :
Protyping dimulai dari pengumpulan kebutuhan.
Dengan perancangan yang cepat (quick design), akan dibentuk konstruksi prototipenya.
Prototipe ini dievaluasi oleh pelanggan dan dilakukan perbaikan terhadap prototipe sesuai kebutuhan dari perangkat lunak yang dikembangkan.
Suatu proses iterasi (pengulangan) terjadi, sementara pihak pengembang makin mengerti keinginan pemakai.
Setelah prototipe disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dibentuk lagi produk perangkat lunak akhir

C. Wawancara
Teknik pengumpulan data dengan sedetail mungkin agar terciptanya suatu software yang benar-benar sesuai dengan apa yang di harapkan wawancara yang akan di ambil yaitu bersumber dari kepala sekolah dan staf-staf terkait lainnya



BAB IV
PENUTUP


Daftar Pustaka

Taufik, Ichsan. Tutiorial Pemrograman Web versi Internet. 2008. Prospect : Bandung.
Kadir, Abdul. Penuntun Praktis Belajar SQL. 2002. Andi : Yogyakarta
Kadir, Abdul. Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data. 2003. Andi : Yogyakarta.
Al-Bahra Bin Ladjamudin analisis dan system desain system informasi Graha Ilmu 2005
Membuat website Interaktif dengan Macromedia Dreamweaver MX. 2002 . Andi : Yogyakarta
Rosa,Shalahudin. Java di web Informatika Bandung


LAMPIRAN

A . Skema Kegiatan
Pengerjaan akan dilakukan selama 1 semester selama mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak Schedule Pembuatan Perangkat Lunak sebagai berikut:


Kegiatan Bulan Februari Maret April Mei
Minggu ke 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1. Analisis
- Analisis Situs Web Penjualan lain.
- Analisis Kebutuhan User.
- Analisis Kebutuhan Database.



2. Desain
- Perancangan Database.
- Desain Web (kasar).
- Desain Web (use application).
- Tambahan Animasi dan Gambar.

3. Pemrograman/ Coding
- Mixing Database dan Web

4. Testing
5. Maintenance
Cat :
- Maintenance dikerjakan setelah perangkat lunak berjalan stabil seterusnya.

No comments:

Post a Comment