Setelah k i ta mempelajari clas s Sprite, kita akan mempelajari bagaimana pembuatan LayerManager dan pada GameCanvas dan menggabugkan dengan sprite hingga dapat dimanipulasi sprite tersebut, dalam layer anager dapat kita temukan untuk menggerakkan background. Kita akan membuat contoh pembuatan manipulasi sprite dan membuat animasi bac kground pada LayerManager.
Disini peserta wajib mengikuti pembuatan class-class dan memodifikasi c lass yang telah dibuat agar peserta lebih memahami kinerja atau fungs i-fungsi yang telah dibahas di modul 6 (JENI 4).
Percobaan 1: Membuat Class MidletLay er M anager
Percobaan 2 : Membuat Class LayerManagerCanvas
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class MidletLayerManager extends MIDlet implements CommandListener {
private Display display;
private Command cmExit;
private LayerManagerCanvas lmCanvas ;
public MidletLayerManager() {
display = Display.getDisplay(this);
cmExit = new Command( "Keluar" , Command.EXIT, 1);
try {
lmCanvas = new LayerManagerCanvas();
lmCanvas .addCommand(cmExit);
lmCanvas .setCommandListener( this);
lmCanvas .start();
} catch (Exception ex) {
System.out.println(ex);
}
}
public void startApp() {
display.setCurrent( lmCanvas );
}
public void pauseApp() { }
public void destroyApp(boolean unconditional) { }
public void exit() {
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
public void commandAction(Command c, Displayable s) {
if(c == cmExit) {
exit();
}
}
};
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.lcdui.game.*;
public class LayerManagerCanvas extends GameCanvas implements Runnable {
// Menggunakan sprite
private Sprite pesawatSprite ;
private Sprite backgroundSprite;
// Layer Manager
private LayerManager layerManager;
// Konstruktor dan inisisalsasi
public LayerManagerCanvas() throws Exception {
super (true);
// Mengakses gambar dari sprite
Image gambarPesawat = Image.createImage("/pesawat.png");
pesawatSprite = new Sprite ( gambarPesawat );
Image gambarBackground = Image.createImage ("/background.png");
backgroundSprite = new Sprite( gambarBackground);
layerManager = new LayerManager();
//Menampilkan gambar dari Sprite
layerManager.append( pesawatSprite );
layerManager.append( backgroundSprite);
}
// Method start dijalankan awal peggunaan thread dan di ulang-ulang
public void start() {
Thread t = new Thread(this);
t.start();
}
// method run abstrak dari Runnable Mejalankan pertamakali pada graphics
public void run() {
Graphics g = getGraphics();
drawScreen(g);
}
// Method drawScreen untuk menggambar Graphics
private void drawScreen(Graphics g) {
g.setColor(255 , 255 , 255 );
g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());
g.setColor(0, 0, 255 );
//Menampilkan posisi gambar pesawat
pesawatSprite.setPosition(30,-10 );
//mengatur bacground
layerManager.setViewWindow(15,5,70,80);
layerManager.paint(g,5,5);
flushGraphics();
}
};
Download Lengkap Tutorial nya
Modul Praktikum Layer Manager.pdf
No comments:
Post a Comment