Modul Praktikum Layer Manager - Amazing Indonesia

Latest

Friday 20 April 2012

Modul Praktikum Layer Manager


Setelah k i ta mempelajari clas s Sprite, kita akan mempelajari bagaimana pembuatan LayerManager  dan pada GameCanvas  dan menggabugkan dengan sprite hingga dapat dimanipulasi sprite  tersebut, dalam layer anager dapat kita temukan untuk menggerakkan background.   Kita akan membuat contoh pembuatan manipulasi sprite dan membuat animasi bac kground pada LayerManager.

Disini peserta wajib mengikuti pembuatan class-class dan memodifikasi c lass yang telah dibuat agar peserta  lebih memahami kinerja atau fungs i-fungsi yang telah dibahas di modul 6 (JENI 4).

Percobaan 1: Membuat Class MidletLay er M anager

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class  MidletLayerManager extends  MIDlet  implements  CommandListener {
  private Display display;
  private Command cmExit;
  private  LayerManagerCanvas lmCanvas ;

public MidletLayerManager() {
  display = Display.getDisplay(this);
    cmExit = new Command( "Keluar" , Command.EXIT, 1);

  try  {
   lmCanvas  = new LayerManagerCanvas();

lmCanvas .addCommand(cmExit);
   lmCanvas .setCommandListener( this);
   lmCanvas .start();
  } catch  (Exception ex) {
   System.out.println(ex);
  }
 }

    public void startApp() {
      display.setCurrent( lmCanvas );
   }

public void pauseApp() { }

public void destroyApp(boolean unconditional) { }

public void exit() {
  destroyApp(true);
      notifyDestroyed();
   }

public void commandAction(Command c, Displayable s) {
  if(c == cmExit) {
   exit();
  }
 }
};
Percobaan 2 : Membuat Class LayerManagerCanvas


import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.lcdui.game.*;

public class  LayerManagerCanvas  extends GameCanvas implements  Runnable {
   // Menggunakan sprite
    private Sprite  pesawatSprite ;
    private Sprite  backgroundSprite;
   // Layer Manager
  private LayerManager layerManager;
 
// Konstruktor dan inisisalsasi
    public LayerManagerCanvas() throws Exception {
      super (true);
      // Mengakses gambar dari sprite
      Image gambarPesawat  = Image.createImage("/pesawat.png");    
      pesawatSprite  = new Sprite ( gambarPesawat );

      Image gambarBackground = Image.createImage ("/background.png");
      backgroundSprite = new Sprite( gambarBackground);
      layerManager = new LayerManager();
    //Menampilkan gambar dari Sprite
      layerManager.append( pesawatSprite );
      layerManager.append( backgroundSprite);
    }

// Method start dijalankan awal peggunaan thread dan di ulang-ulang
  public void start() {
     Thread t = new Thread(this);
      t.start();
   }

// method run abstrak dari Runnable Mejalankan pertamakali pada graphics
    public void run() {
    Graphics g = getGraphics();
  drawScreen(g);
   }

// Method drawScreen untuk menggambar Graphics
    private void drawScreen(Graphics g) {

g.setColor(255 , 255 , 255 );
      g.fillRect(0, 0, getWidth(), getHeight());
      g.setColor(0, 0, 255 );  
        //Menampilkan posisi gambar pesawat
      pesawatSprite.setPosition(30,-10 );
  //mengatur bacground
  layerManager.setViewWindow(15,5,70,80);  
      layerManager.paint(g,5,5);
      flushGraphics();
  }
};




Download Lengkap Tutorial nya
Modul Praktikum Layer Manager.pdf


No comments:

Post a Comment