METODE E-LEARNING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR GUNA EFISIENSI SUMBER DAYA PERGURUAN TINGGI - Amazing Indonesia

Latest

Sunday 15 April 2012

METODE E-LEARNING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR GUNA EFISIENSI SUMBER DAYA PERGURUAN TINGGI

METODE E-LEARNING DAL AM PROSES BELAJAR MENGAJAR
GUNA EFISIENSI SUMBER DAYA PERGURUAN TINGGI
Prof. Dr. Ir.I Gede Putu Wirawan, M.Sc
Universitas Udayana

REALISASI E-LEARNING 
Aktivitas e-learning di Universitas Udayana telah dilaksanakan  mulai tahun 2006. Pada tahap awal penggunaan e-learning hanya melibatkan pihak internal Universitas Udayana, namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan maka Universitas Udayana mulai untuk berkolaborasi dengan universitas-universitas besar di Indon esia. Kolaborasi ya ng telah dilakukan Universitas Udayana dengan mempergunakan proses e-learning antara lain :
1.   Jurusan Ilmu Komputer Unud dengan Fasilkom UI
2.   Jurusan Fisika Unud deng an Jurusan Fisika ITB
3.   Jurusan Matematika Unud deng an Jurusan Matematika ITB
4.   Program Studi Teknologi Pertanian Unud dengan Teknologi Pertanian IPB
5.   Jurusan Teknik Elektro Unud dengan  Teknik Elektro UI

SOSIALISASI E-LEARNING 
Melihat potensi e-learning yang sangat besar dalam pelaksanaan proses pendidikan maka Universitas Udayana merasa perlu untuk melaksanakan sosialisasi tidak saja di lingkungan internal tetapi ju ga di lingkungan eksternal.  Hal ini mulai direalisasikan dengan dilakukannya ke rjasama antar Universitas Udayana dengan salah satu Sekolah Menengah Atas di Denpasar. Kerjasama yang dilakukan meliputi pembangunan infrastruktur dan Learning Management Sy stem (LMS), pelatihan terhadap staf pengajar, serta siswa.

MANFAAT DAN HARAPAN E-LEARNING UNIVERSITAS UDAYANA 
Aktivitas e-learning ini dirasa sangat besar manfaatnya dalam proses pendidikan di Unuversitas Udayana dimana sebuah matakuliah dapat diajarkan secara pararel oleh seorang dosen dalam waktu bersamaan, sebuah mata kuliah juga dapat diajarkan oleh dosen dari universitas lain tanpa harus  mendatangkan dosen te rsebut, materi dan metode perkuliahan yang bisa direkam oleh mahasiswa sehingga bisa dipelajari secara
berulang-ulang tanpa terjad i perubahan isi dan metode penyampaian. Mengingat besarnya manfaat dari e-learning ini maka diharapkan tidak hany a dilaksanakan pada tingkat lokal maupun nasional tetapi sa mpai pada tingkat internasional dalam melakukan proses pembelajaran di perguruan tinggi sehi ngga juga mampu
memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam mengembangkan di ri sesuai dengan kualifikasi keilmuan yang diinginkan.  Mengingat jaringan Inhern,  Intranet dan Internet di Universitas Udayana sudah terkoneksi keseluruh jurusan yang ada,  maka sangat memungkinkan dalam pengembangan dan perluasan pr oses e-learning di Universitas Udayana di waktu yang akan datang. Untuk itu Universitas Udayana membuka pintu lebar-l ebar kepada semua pihak yang ingin mengembangk an serta berkolaborasi pada  proses e-learning ini.


Kesimpulan.
1.   E-learning merupakan metode pembelajaran yang mampu mengefisiensikan sumber daya perguruan tinggi.
2.   Secara infrastruktur, unud sudah siap menyongsong era e-learning , mengingat infrastruktur pendukung yang diperlukan sudah tersedia.
3.   Kendala yang masih dirasakan adalah  permasalahan kesiapan sumber daya manusia (SDM) baik dari sisi pengajar maupun mahasiswa.

Download Lengkap Artikel Nya:
E-Learning Universitas.pdf

No comments:

Post a Comment