KONSEP DAN APLIKASI PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN BORLAND C++ BUILDER 6 - Amazing Indonesia

Latest

Saturday 14 April 2012

KONSEP DAN APLIKASI PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN BORLAND C++ BUILDER 6


Daftar Isi 
MUQADDIMAH
1.  PENDAHULUAN
2.  KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
3.  INSTALASI DAN PENGENALAN BORLAND C++ BUILDER 6
4.  PEMROGRAMAN DENGAN BAHASA C++ - CONSOLE APPLICATION
5.  PREPROCESSOR, TIPE DATA, VARIABEL DAN OPERATOR
6.  PEMILIHAN (IF STATEMENT)
7.  PERULANGAN (LOOPING)
8.  LARIK (ARRAY)
9.  POINTER
10.  FUNGSI DAN PROSEDUR
11.  OPERASI FILE
12.  CLASS DASAR C++
13.  TEKNIK PENCARIAN (SEARCHING) DAN PENGURUTAN (SORTING)
14.  TIPS & TRIKS
15.  PENUTUP
REFERENSI
RIWAYAT HIDUP



Konsep Dasar Pemrograman



Setiap  sebelum  melakukan  pekerjaan,  sangat  diperlukan  sekali  sebuah  pengenalan
terhadap konsep pekerjaan tersebut guna memahami mencapai target pekerjaan yang
dibuat nanti, akan lebih mudah  dikerjakan apabila permasalahan dan alur  pekerjaan
jelas dan dimengerti. Misalkan seseorang ingin mendapatkan hasil ujian yang baik, yang
harus ia lakukan adalah mencari sebuah rumusan atau cara agar ia mencapai targetnya.
Pertama yang harus dicari agar hasil ujian baik adalah, materi-materi mengenai ujian
tersebut harus dipahami dan dikuasai, kemudian bagaimana agar materi-materi ujian
tersebut  bisa  dikuasai,  yaitu  dengan cara  membaca  dan belajar  dari  sumber-sumber
buku  mengenai  materi  tersebut.  Dari  contoh  ini  bisa  terlihat,  bahwa  output  yang
diinginkan adalah mendapatkan hasil nilai yang baik, proses yang harus dilewati adalah
pada saat ujian tersebut, lalu inputnya adalah belajar dan membaca dari sumber buku-buku agar materi ujian dapat dipahami dan dikuasai. Contoh kedua, misalkan seseorang
akan pergi ke kota B dari kota A, artinya target (output) yang ia harus capai adalah
mencapai  kota  B.  Kemudian  bagaimana  ia  bisa  mencapai  kota  B,  yaitu  dengan
menggunakan  bis  dari  kota  A  ke  kota  B,  dan  ini  merupakan  proses  bagaimana  ia
mencapai kota B. Sekarang apa yang harus ia gunakan agar bisa menggunakan bis untuk
mencapai kota B?. Bis bisa digunakan apabila ia memiliki dan  memberikan  uang ke
sopirnya, dan uang ini sebagai inputnya.


Langkah 1: 
Tentukan target akhir (output) dari kasus tersebut, yaitu mencari luas segitiga sama kaki.
Misalkan luas segitiga disimbolkan dengan L.
Langkah 2: 
Pahami  bagaimana  perumusan  (proses)  untuk  mendapatkan nilai  luas  segitiga sama
kaki tersebut, yaitu setengah daru luas alasnya dikalikan dengan tinggi segitiga sama
kaki tersebut.
Langkah 3: 
Tentukan  data-data  (input)  apa  saja  yang  harus  diambil  guna  melakukan
perumusannya, yaitu data luas alas dan tinggi segitiga sama kaki. Misalkan luas alas
disimbolkan dengan A dan tingginya disimbolkan dengan t.






No comments:

Post a Comment