Tanaman Obat Sidaguri - Amazing Indonesia

Latest

Sunday 19 February 2012

Tanaman Obat Sidaguri



TANAMAN OBAT SIDAGURI
Nama Latin : Sida rhombifolia L. atau Sida alnifolia Lour. termasuk ke dalam golongan Malvaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah sidaguri, saliguri atau kahindu.  Nama asing tanaman ini Sida hemp, yellow barleria atau walis-walisan.

SIFAT : Tumbuhan ini kaya akan kandungan kimia seperti yang terdapat pada :
Daun : alkaloid, calsium oksalat, tanin, saponin, phenol, asam amino, minyak terbang. Zat phlegmatic untuk expectorant dan lubricant.
Batang : calsium oksalat dan tanin.
Akar : manis, tawar, sejuk.

EFEK :
tanaman ini mempunyai sifat: manis, pedas dan sejuk. Masuk meridian jantung,  paru-paru, usus besar dan usus kecil. Anti radang, peluruh kencing (diuretik), dan menghilangkan sakit (analgesik). Akar : manis tawar, sejuk.

BAGIAN  TANAMAN YANG  DIGUNAKAN :
Farmakologi ini di peroleh dari penggunaan seluruh tanaman, pemakaian segar atau yang telah dikeringkan.

PENYAKIT YANG BISA DISEMBUHKAN

Berdasarkan pengalaman yang tercatat secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Rematik. Keseluruhan tumbuhan termasuk akar sebanyak 60 gr kering, digodok, lalu di minum. 

2. Asamurat tinggi. Lima batang akar, cuci, di potong kecil-kecil, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih tunggu beberapa saat. Tuang kegelas bersama akarnya, tutup, biarkan semalam. Keesokan paginya diminum sebelum sarapan. Rebus sekali lagi pagi untuk diminum sore hari.

3. Bisul, kudis, bengkak karena tulang patah (kedudukan tulang telah diperbaiki).  Daun segar dicuci bersih, dilumatkan dan ditempelkan pada tempat yang sakit.

4. Bisul. Akar 60 gr berikut batang ditambah 30gr gula merah dan air matang, ditim lalu diminum. Luarnya 5 jari akar, dicuci, tumbuk halus, remas dengan air garam, turapkan, balut. Sehari 2 kali.

5. Eksema. Tanaman sidaguri ditambah air secukupnya, ditim dan diminum.

6. Kulit gatal, kurap pada kepala. Daun segar secukupnya setelah dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan minyak kelapa lalu diaduk sampai rata. Oleskan pada kulit yang gatal, diulang beberapa kali

7. Asma. Akar 60 gr di tambah 30 gr gula pasir, rebus dengan air lalu di minum.

8. Cacing kremi. Daun 1/5 genggam dicuci lalu digiling sampai halus, tambahkan ¾ cangkir air matang dan sedikit garam, peras, minum 2 x   sehari.

9. Sakit gigi. Akar dan jahe di kunyah, telan airnya.

10. Perut mulas. Akar dan jahe dikunyah, telan airnya.

11. Abortivum. Akar dicincang sampai halus, tambahkan daging secukupnya lalu direbus. Makan beberapa hari.

12. TBC kelenjar leher. Sidaguri 60 gr ditim dengan daging, makan. Untuk pemakaian luar, daun segar dilumatkan lalu tempelkan ke tempat yang sakit.

PERHATIAN :
  Wanita hamil dilarang pakai.

No comments:

Post a Comment