Tanaman Obat Sagitan - Amazing Indonesia

Latest

Tuesday 21 February 2012

Tanaman Obat Sagitan







TANAMAN OBAT SAGITAN
Nama Latin : Sambucus javanicaReinw.atau S. chinensis Lindl. termasuk ke dalam keluarga tumbuhan Caprifoliaceae. Tanaman ini biasa dikenal dengan nama sangitan, kerak nasi.

SIFAT : Tumbuhan sagitan kaya akan kandungan kimia seperti : Essential oil, ursolic acid,  betha-sitosterol, alpha-amyrin palmitate, KNO3, tanin..

EFEK :
Dalam farmakologi di negara Cina di katakan bahwa tanaman ini memiliki rasa manis, sedikitpahit, hangat.  Herba ini masuk meridianhati (liver)

Akar : 
Menghilangkan kolik (antispasmodik) serta menghilangkan pembengkakan.

Batang dan daun  :   Peluruh kencing (diuretik), menghilangkan pembengkakan dan menghilangkan sakit (analgetik) serta melancarkan sirkulasi darah.          

BAGIAN  TANAMAN YANG  DIGUNAKAN : 
Efek farmakologi ini didapat dari penggunaan akar, batang dan daun. Dijemur bila ingin disimpan.

PENYAKIT YANG BISA DISEMBUHKAN

Berdasarkan catatan yang di peroleh dari pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini bisa menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Nephritic edema, beri-beri.

Seluruh tanaman sebanyak 30 - 60 gram dicucibersih, lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan  tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas.  Setelah dingin disaring   lalu diminum.

2. Sakit kuning. Akar sangitan di tim dengan daging sapi,makan.

3. Bengkak terpukul, tulang patah. Akar  sebanyak 20 gram dicuci bersih, dipotong seperlunya lalu direbus dengan air sebanyak 400 cc dan arak putih, sampai tersisa setengahnya.  Tambahkan 30 g   gula pasir, aduk sampai merata. Setelah dingin, saring, minum.

4. Rematik kronis, sakit pinggang, bengkak. Akar 15 - 30 gram dicuci bersih, dipotong-potong seperlunya.  Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setalah dingin disaring, lalu diminum. Untuk   luarnya daun segar dicuci lalu digiling halus.  Bubuhkan kebagian tubuh yang sakit.

5. Rubella. Seluruh tumbuhan secukupnya dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya.  Godok dengan 3 liter air. Hangat-hangat dipakai untuk mandi.

6. Tulang patah. Akar kering 30 - 60 g (atau segar 90 - 120 g) direbus dan minum airnya.

7. Disentri. Batang dan daun 30 - 60 g (yang segar90 - 120 g) rebus atau minum air perasannya.

8. Radang saluran napas kronis (bronkhitis kronis). Batang dan daun 30 - 60 g (yangsegar 90 - 120 g) rebus atau minum air perasannya.

9. Keram/kejang pada kaki, Sakit pada tulang. Seluruh tanaman 30 - 60 g  (yang segar 90 - 120 g) rebus atau minum airperasannya.

Catatan : Wanita hamil dilarang pakainya.

No comments:

Post a Comment