Resume tenteng konsep OOAD - Amazing Indonesia

Latest

Friday 11 March 2011

Resume tenteng konsep OOAD


ObjectOriented Analisys and Design (OOAD)
OOADadalah metode analisis yang memerikasa requirements dari sudut pandang kelaskelas dan objek yang ditemui dalam ruang lingkup permasalahan yang mengarahkanarsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek system atausubsistem.OOAD merupakan cara baru dalam memikirkansuatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunianyata. Dasar pembuatan adalah objek,yang merupakan kombinasi antara strukturdata dan perilaku dalam satu entitas.
Metodologi dalam OOAD
Metodologiadalah cara systematis untuk mengerjakan analisys and design. Denganmetodologi, pihak yang membangun system software dapat merencanakan danmengulangi pekerjaan dilain waktu. Metodologi juga menghilangkan perbedaannotasi untuk suatu hal yang sama karena setiap oarng akan berbicara dalambahasa yang sama. Metodologi yang paling banyak dalam OOAD, yaitu : ObjectModeling Technique (OMT) dari Rumbaugh, Object Oriented Booch,Responsibility-Driven Design/ Class Responsibility Calloboration (RDD/CRC) dariWirf-Broock, Metodologi Coad/ Yourdan dan Jacobson Object Oriented SoftwareEnginering (OOSE).
KonsepOOAD
OOADmencakup analisis dan desain sebuah sistem dengan pendekatan objek, yaiutanalisis berorientasi objek (OOA) dan desain berorientasi objek (OOD). OOAadalah metode analisis yang memerika requirement (syarat/keperluan) yang harusdipenuhi sebuah sistem) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yangditemui dalam ruang lingkup perusahaan. Sedangkan OOD adalah metode untukmengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objeksistem atau subsistem.

Terdapatbeberapa konsep dalam OOAD, yaitu :
-Objek (object)
  • Objek adalah benda secara fisik dan konseptual yang ada di sekitar kita. Sebuah objek memiliki keadaan sesaat yang disebut state.
  • State dari sebuah objek adalah kondisi dari objek atau himpunan keadaan yang menggambarkan objek tersebut. State dinyatakan dengan nilai dari atribut objeknya.
  • Atribut adalah nilai internal suatu objek yang mencerminkan karakteristik objek, kondisi sesaat, koneksi dengan objek lain dan identitas.
  • Behaviour (perilaku objek) mendefinisikan bagaimana sebuah objek bertindak dan memberi reaksi. Behaviour ditentukan oleh himpunan semua atau beberapa operasi yang dapat dilakukan oleh objek tersebut, yang dicerminkan oleh interface, service, dan method dari objek tersebut.
  • Interface adalah pintu untuk mengakses service dari objek
  • Service adalah fungsi yang dapat dikerjakan oleh sebuah objek
  • Method adalah mekanisme internal objek yang mencerminkan perilaku objek tersebut
-Kelas (class)
Classadalah himpunan objek yang sejenis yaitu mempunyaisifat (atribut), perilaku umum (operasi), relasi umum dengan objek lain dansemantik umum. Class adalah abstraksi dari objek dalam dunia nyata. Classmenetapkan spesifikasi perilaku dan atribut dari objek tersebut.
-Kotak Hitam (black boxes)
Sebuahobjek adalah kotak hitam. Konsep ini menjadi dasar implementasi objek. Dalamoperasi OO hanya developer yang dapat memahami detail proses yang ada didalamkotak tersebut, sedangkan user tidak perlu mengetahui apa yang dilakukan yangpenting mereka dapat menggunakan objek untuk memproses kebutuhan mereka. Kotakhitam berisi kode dan data.
  • Encapsulation, yaitu proses menyembunyikan detail implementasi sebuah objek. Untuk mengakses data objek tersebut adalah melalui interface. Untuk berkomunikasi dengan objek digunakan message.
  • Message adalah permintaan agar objek menerima untuk membawa metode yang ditunjukkan oleh perilaku dan mengembalikan result dari aksi tersebut kepada objek pengirim (sender)
-Asosiasi dan Agregasi
  • Asosiasi adalah hubungan yang mempunyai makna antara sejumlah objek. Asosiasi digambarkan dengan sebuah garis penghubung diantara objeknya. Contohnya : Asosiasi karyawan dengan unit kerja. Setiap karyawan bekerja di satu unit kerja, sedangkan unit kerja dapat memiliki beberapa karyawan.
  • Agregasi adalah bentuk khusus sebuah asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian pada suatu objek merupakan bagian dari objek yang lain. Contohnya : Kopling dan piston adalah bagian dari mesin, sedangkan mesin, roda, body merupakan bagian dari sebuah mobil.
OOA(Object Oriented Analysis)
OOA mempelajari permasalahan dengan menspesifikasikannya ataumengobservasi permasalahn tersebut dengan menggunakan metode berorientasiobjek. Biasanya analisa sistem dimulai dengan adanya dokumen permintaan (requirement)yang diperoleh dari semua pihak yang berkepentingan. (Mis: klien,developer,pakar, dll)
Dokumen permintaan memiliki 2 fungsi yaitu : memformulasikankebutuhan klien dan membuat suatu daftar tugas
Analisis berorientasi obyek (OOA) melihat pada domain masalah, dengan tujuan untukmemproduksi sebuah model konseptual informasi yang ada di daerah yang sedangdianalisis. Model analisis tidak mempertimbangkan kendala-kendala pelaksanaanapapun yang mungkin ada, seperti konkurensi, distribusi, ketekunan, atau bagaimana sistemharus dibangun. Kendala pelaksanaan ditangani selama desain berorientasi objek(OOD). Analisis dilakukan sebelum Design
Sumber-sumber untuk analisis dapat persyaratan tertulispernyataan, dokumen visi yang formal, wawancara dengan stakeholder atau pihakyang berkepentingan lainnya. Sebuah sistem dapat dibagi menjadi beberapadomain, yang mewakili bisnis yang berbeda, teknologi, atau bidang yangdiminati, masing-masing dianalisis secara terpisah.
Hasil analisis berorientasi objek adalah deskripsi dari apasistem secara fungsional diperlukan untuk melakukan, dalam bentuk sebuah modelkonseptual. Itu biasanya akan disajikan sebagai seperangkat menggunakan kasus, satu atau lebih UML diagram kelas, dan sejumlah diagram interaksi. Tujuan dari analisisberorientasi objek adalah untuk mengembangkan model yang menggambarkanperangkat lunak komputer karena bekerja untuk memenuhi seperangkat persyaratanyang ditentukan pelanggan.
UML (UnifiedModeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambaruntuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian darisebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UMLsendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yangmeliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yangspesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistemsoftware. Unified Model Language (UML) adalah bahasauniversal untuk :
  • memvisualisasikan grafis model yang tepat
  • menetapkan model yang tepat, lengkap , dan tidak ambigu untuk mengampil semua keputusan penting dalam analisis, desain dan implementasi
  • membangun model yang dapat dihubungkan langsung dengan bahasa pemrograman
  • mendokumentasikan semua informasi yang dikumpulkan oleh tim sehinngga memungkinkan untuk berbagi informasi
Object Oriented Analisis
  • Menganalisis masalah domain
  • Jelaskan sistem proses
  • Identifikasi obyek
  • Tentukan atribut
  • Mendefinisikan operasi
  • Komunikasi antar-obyek
OOD (Object Oriented Design)
OOD mengubah model konseptual yang dihasilkan dalam analisisberorientasi objek memperhitungkan kendala yang dipaksakan oleh arsitektur yangdipilih dan setiap non-fungsional – teknologi atau lingkungan – kendala,seperti transaksi throughput, response time, run – waktu platform, lingkunganpengembangan, atau bahasa pemrograman.
TeknikPemodelan dalam OOAD
Model Objek :
  • Model objek Menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya
  • Model objek berisi diagram objek. Diagram objek adalah graph dimana nodenya adalah kelas yang mempunyai relasi antar kelas.
Model Dinamik
  • Model dinamik menggambarkan aspek dari sistem yang berubah setiap saat.
  • Model dinamik dipergunakan untuk menyatakan aspek kontrol dari sistem.
  • Model dinamik berisi state diagram. State diagram adalah graph dimana nodenya adalah state dan arc adalah tarnsisi antara state yang disebabkan oleh event.
Model Fungsional
  • Model fungsional menggambrakan transformasi nilai data di dalam sistem.
  • Model fungsional berisi data flow diagram. DFD adalah suatu graph dimana nodenya menyatakan proses dan arcnya adalah aliran data.




Referensi:

No comments:

Post a Comment